I made this widget at MyFlashFetish.com.

HANYA DENGAN CLIK IKLAN KAMI BAYAR $

aw

Thursday 15 December 2011

Efek film Cross Processed dengan Adobe Photoshop

Cross processed merupakan sebuah istilah yang berawal dari dunia film analog. Teknik cross processed adalah sebuah teknik dimana film slide positif (E-6) di cuci (develop) dengan menggunakan bahan kimia untuk mencuci film negatif berwarna (C-41). Hasilnya dengan teknik ini maka akan terjadi perubahan warna (color shifting) dan blown out highlight pada foto. Pada tutorial kali ini saya akan mempelihatkan bagaimana mensimulasikan efek film cross processed dengan menggunakan Adobe Photoshop.
1. Buka file foto yang akan digunakan di Adobe Photoshop. Pada contoh kali ini saya menggunakan foto yang dapat didownload dari StockVault.net
2. Selanjutnya masuk pada menu Layer > New Adjustment Layer > Curves…
3. Pada tampilan Curves Adjustment pilih channel Red kemudian atur kurva sehingga berbentuk huruf S dengan menaikkan Highlight dan menurunkan Shadow sehingga menjadi lebih kontras.
4. Berikutnya pilih channel Green dan lakukan hal yang sama dengan channel Red.
5. Pada channel Blue rubah kurva sebaliknya dari bentuk kurva di channel Red & Green. Kali ini dengan menurunkan Highlight dan menaikkan Shadow.
6. Langkah terakhir adalah dengan memilih channel RGB kemudian buat image menjadi lebih kontras dengan merubah kurva menjadi berbentuk S.
Tips: Anda bisa mengatur seberapa besar efek sesuai dengan foto Anda dengan mengatur berapa besar lengkung pada kurva. Selain itu dengan mengakses menu di panel Curve Adjustment Anda dapat save seting kurva yang Anda lakukan dalam bentuk file. Anda dapat load file ini untuk digunakan kembali atau share dengan komputer lain.

No comments:

Post a Comment