I made this widget at MyFlashFetish.com.

HANYA DENGAN CLIK IKLAN KAMI BAYAR $

aw

Sunday 15 January 2012

Membuat Koneksi Remote Desktop Jaringan LAN


Sumber: http://www.hi-techmall.org

Kebutuhan akan suatu resource komputer pada waktu dan tempat tertentu membuat kita berfikir untuk membangun sebuah sistem yang bisa memudahkan kita dalam melakukan koneksi. Pada mulanya koneksi antar komputer hanya berbasiskan baris perintah (Command Line). namun, seiring dengan perkembangan teknologi, para pakar membuat suatu sistem remote desktop yang memudahkan kita mengakses sistem lain. dengan koneksi Remote Desktop kita dapat mengakses suatu komputer dari tempat yang berbeda dengan tampilan seperti kita benar-benar berhadapan dengan komputer tujuan.

Banyak orang mencari-cari cara untuk melakukan koneksi remote desktop ini dengan memanfaatkan software-software yang beredar. Namun, tidak banyak dari mereka yang mengetahui bahwa koneksi remote desktop sebenarnya juga bisa dilakukan dengan sistem bawaan dari windows itu sendiri.
Kali ini saya akan memaparkan kepada anda bagaimana melakukan koneksi remote desktop tanpa tambahan software lain diluar windows. sebenarnya artikel ini adalah potongan dari makalah yang saya buat sebagai syarat menjadi asisten praktikum di kampus. sabtu ini saya akan menjalani tes interview. tolong kamu semua doakan didalam nama Yesus supaya gue lulus ye... ^ ^ .
Ok lah, ini tutorial nya...
SETTING PADA KOMPUTER TUJUAN (YANG AKAN DIREMOTE)
Komputer yang digunakan sebagai tujuan (yang akan di remote) adalah Windows Xp SP.2 dengan alamat IP 192.168.145.129 dan hostname “tijuan-pc”. setting yang digunakan pada sistem operasi ini dapat diaplikasikan pada keluarga windows NT lainnya. Berikut beberapa langkahnya :
1. Instalasi Remote desktop Connection
Umumnya aplikasi Remote Desktop sudah termasuk(built-in) dalam paket saat kita menginstal windows Xp Sp2. Hal ini dapat dicek dengan melihat pada “start menu-all programs-Accessories-Comunications-Remote Desktop Connections”, jika pilihan remote desktop Connection belum ada, maka kita dapat menginstallnya melalui CD XP Sp2 yang kita gunakan saat kita menginstal sistem operasi tersebut. Caranya: masukkan CD XP SP2, setelah itu jalankan CD dengan klik dua kali atau dengan klik kanan lalu tekan Autoplay
setelah itu akan keluar jendela baru, silahkan pilih “Perform Aditional tasks” dan selanjutnya pilih “Setup Remote Desktop Connections”. Ikuti step yang ada, dan setelah instalasi selesai lakukan restart pada komputer.
2. Setting komputer sebagai host
Klik kanan pada “My computer”, dan kemudian pilih “properties”, pindah ke tabulasi “remote” dan conteng pada pilihan “Allow users to connect remotely to this computer” di bagian Remote Desktop.
3. Setting Firewall
Cek agar firewall tidak menghalangi akses kita untuk meremote komputer tujuan. Firewall dapat dimatikan (off) atau diberikan exception pada bagian remote desktop. Pada setting kali ini saya akan memberikan exception (pengecualian) agar firewall tidak menghalangi apabila ada seseorang yang mencoba masuk menggunakan fasilitas remote desktop. Caranya : klik “Start Menu – Control Panel – Windows Firewall”. Pastikan agar firewall dalam kondisi on, kemudian berpindah ke tab “exception” dan conteng pilihan “remote desktop”. Klik ok.
4. Mengaktifkan IIS
Komponen IIS biasa digunakan untuk komunikasi komputer host dengan internet. Buka “Control Panel”, pilih “Add or remove Program”, lalu pindah ke bagian “Add/remove windows component”. Selanjutnya akan muncul sebuah jendela baru berjudul windows component wizard. Conteng bagian yang bertuliskan “Internet Information Services”, lalu klik tombol “details”.
Pada jendela baru yang muncul conteng lagi pilihan “World Wide Web Service” , klik lagi tombol “details’ dan conteng pilihan “Remote Desktop Web Connection” dan klik ok, lanjutkan dengan ok sekali lagi.
 
Selanjutnya kita akan kembali pada jendela “Windows Component Wizard” klik tombol next. Tunggu sejenak sampai windows selesai menginstall konfigurasi yang tadi telah diset.
5. Setting pada Internet Services Manager
Buka Control panel, pilih Administrative Tools, dan buka pilihan Internet Information Services(IIS). Tekan tanda plus (+) pada bagian TUJUAN-PC(local computer)\Web sites\ Default Web site. Setelah mengklik bagian Default Web Site, klik kanan pada folder “tsweb” dan pilih properties.
Selanjutnya akan muncul sebuah jendela lagi. Klik tab “Directory Security” dan klik tombol edit pada bagian anonymous access and authentication control.
Selanjutnya pada jendela yang baru muncul centang pilihan Anonymous access. Klik ok dua kali.
MELAKUKAN KONEKSI REMOTE DESKTOP
Untuk melakukan koneksi remote desktop kepada komputer tujuan, Web browser yang wajib digunakan adalah Internet Explorer. Pada bagian alamat, masukkan string dengan syntax: http://[komputer_tujuan]/tsweb. sehingga jika saya akan melakukan koneksi ke komputer yang tadi telah kita set, maka syntax yang dimasukkan pada Internet Explorer adalahhttp://tujuan-pc/tsweb . setelah itu segera tekan enter. Maka akan ditampilkan sebuah jendela yang meminta kita mengisi form sederhana. Pada bagian server isikan dengan nama/alamat komputer tujuan (dalam contoh ini adalah tujuan-pc). Dan pada bagian size, anda dapat menentukan ukuran gambar ketika koneksi remote desktop telah terjadi. Setelah form tersebut diisi, segera tekan tombol connect.
Setelah itu, akan muncul sebuah jendela yang mengharuskan kita mengisikan User name dan Password dari komputer host (tujuan).
Setelah user name dan password yang benar dimasukkan, maka sebuah tampilan windows komputer tujuan secara utuh akan ditampilkan didalam jendela Internet Explorer. Sampai sini koneksi remote desktop telah berhasil dilakukan. User yang meremote komputer tujuan dapat dengan leluasa melakukan apapun terhadap komputer itu. Perlu diketahui, ketika komputer tujuan berhasil diremote oleh user. Maka jendela windows pada PC tujuan akan berada dalam posisi stand-by.

Masih kurang jelas liat aja video yang satu ini :



No comments:

Post a Comment