I made this widget at MyFlashFetish.com.

HANYA DENGAN CLIK IKLAN KAMI BAYAR $

aw

Sunday 26 February 2012

Faktor - faktor yang mempengaruhi kualitas signal Smartfren




hal hal yang berpengaruh pada kestabilan koneksi smartfren ini berdasarkan dari pengamatan ane selama menggunakan smartfren, bila ada perbedaan keadaan dengan user lain, di mohon masukannya.



  1. CUACA : cuaca yang extreme bisa membuat koneksi terganggu, seperti suhu yang terlalu tinggi ataupun hujan yang lebat. asumsi ane. saat panas tinggi, udara bergerak ke atas dengan cepat, sehingga sinyal smart yang dipancarkan BTS (udara sebagai penghantar sinyal) ikut bergerak ke atas, dan sinyal yang tertangkap modem tidak maksimal karna sinyal berada jauh di atas modem. hal ini bisa diakali dengan memakai antena yang dipasang tinggi. begitu pula sebaliknya saat hujan lebat.
  2. LOKASI : sinyal wireless dari BTS tidak mampu menembus benda yang tebal dan memiliki kepadatan yang tinggi. misalnya tembok. tetapi sinyal mampu menembus kaca. karna itu letakkan modem di tempat terbuka, atau paling tidak mengarah ke tempat terbuka, seperti jendela kaca.
  3. SUHU MODEM : suhu modem yang kelewat tinggi membuat kerja modem menjadi berat, alhasil kemampuan modem menangkap sinyal maupun transfer data jadi menurun. bila terjadi hal seperti ini, dapat diatasi dengan menset sinyal di evdo only, memberi pendingin untuk modem, baik itu kipas, heatsink dan lainnya (asal jangan dicemplungin ke bak mandi).
  4. INTERVENSI JARINGAN : keberadaan BTS2 Provider laen di dekat BTS SF bisa membuat sinyal terganggu sebelum sampai di modem. untuk ini ane gak bisa kasi solusi kecuali agan2 mampu pindahin tuh BTS provider laen. selain BTS, intervensi juga bisa terjadi karna HP or perangkat Provider lain yang berdekatan dengan modem SF. untuk ini saran ane letakkan HP or perangkat provider lain jauh dari modem SF. kalo perlu agan bisa kasi ajah tuh HP or perangkat provider laen itu ke ane.
  5. COOLER YANG BERLEBIHAN : segala cara pendinginan modem bisa dilakukan, tapi jangan extreme. misal ente pake kipas angin yang gede untuk ngipasin modem. ana saranin jangan, kerna angin yang terlalu kencang membuat transfer data modem ngedrop jauh.. asumsi ane, terjadi getaran angin yang terlalu besar ke modem yang mengganggu transfer data.
  6. tambahan WAKTU  INTERNETAN : kalo internetan di saat orang-orang pada tidur dan kantor-kantor dah pada tutup alias bubar di jamin internetan bakal kenceng 100% lain halnya kalo internetan di saat jam-jam kerja..iya g?

kiranya itu yang menurut ane berpengaruh pada koneksi SF. sekali lagi ini berdasarkan pengalaman ane. mungkin buat agan2 kurang berpengaruh. trims.... :D

No comments:

Post a Comment